Nyaba Patilasanku yang Seru

Halo teman-teman, saya akan menceritakan tentang Nyaba Patilasan saya kemarin.  Nyaba Patilasan adalah melakukan kegiatan perjalanan ke Museum Sri-Baduga untuk mencari tahu informasi-informasi tentang Kerajaan Banten.

Sebelum kegiatan Nyaba Patilasan ini dilakukan, kami melakukan beberapa persiapan. Pertama-tama kami dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok kerajaan terdiri dari 3-4 orang. Saya tergabung dalam kelompok kerajaan  Banten. Saya sekelompok dengan Zidane, Dafi, dan Adrien.

Pada pertemuan pertama, saya diminta untuk riset oleh Kakak (guru saya).  Kami semua disuruh untuk mencari 3 artikel yang berhubungan dengan Kerajaan Banten, lalu artikel tersebut di copy paste ke dalam Google docs. Pada pertemuan kedua kami diperintahkan untuk meng- highlight hal-hal penting dari artikel-artikel kerajaan Banten yang sudah ditaruh oleh kami di Google docs.

Pada pertemuan ketiga kami diperintahkan untuk mencari jalur peta jalan ke Museum Sri-Baduga. Selain itu kami juga melakukan wawancara narasumber tentang jalur angkot dan ongkosnya. Pada pertemuan keempat kami diminta untuk untuk membuat daftar tentang perlengkapan yang akan dibawa untuk Nyaba Patilasan

Saat Nyaba Patilasan ke Museum Sri-Baduga, pemimpin dalam kelompok saya (Dafi) ini tidak masuk karena sakit.  Jadinya yang memimpin Nyaba Patilasan adalah Zidane. Perjalanan pertama adalah  kami berjalan kaki dari sekolah ke patung panda yang berada di Jalan Pasteur. Lalu kami harus menaiki angkot jurusan Gunung Batu-ST Hall. Kami disuruh turun oleh Kakak di pembatas jalan untuk ke Terminal Tegalega.  Sesampainya kami di pembatas jalan, kami naik angkot lagi ke Terminal Tegalega. Nama jurusan angkot untuk ke Terminal Tegalega adalah Cisitu-Tegalega. Sesampainya kami di terminal kami berjalan kaki ke Museum Sri-Baduga.

Sri_Baduga_Museum

Sesampai di Museum Sri-Baduga, kami menunggu kelompok lain datang. Pada pukul  9 pagi kami membeli tiket lalu masuk ke Museum Sri-Baduga.  Pertama-tama kami menulis tentang prasasti yang berada di museum, lalu kami memfoto prasasti tersebut. Kami juga menulis tentang pembabakan zaman, pembentukan Gunung Tangkuban Perahu,  pembabakan terbentuknya dan surutnya Danau Purba Bandung, binatang laut purba, jenis-jenis manusia purba dan tahunnya, dan peninggalan-peninggalan Kerajaan Banten. Pada pukul 11 pagi kami kumpul di depan museum, lalu makan bersama. Setelah itu kami bersiap-siap untuk pulang kembali ke sekolah.

Saat pulang kami menaiki angkot jurusan Tegalega-Cisitu, lalu kami turun di Masjid Al-Ukhuwah lalu kami naik angkot ke BTC lalu berjalan kaki ke sekolah.

Berikut ini adalah tempat yang saya kunjungi dan amati Terminal Tegalega, Astana Anyar, Museum Sri -Baduga, Mesjid Al-Ukhuwah, BTC dan Patung Panda, Hotel Aston, patung harimau, Cicendo Lasik, Wisma Penka, Bengrah A, Paskal 23, dan jalan kereta api Stasiun Selatan, dan Santosa Hospital Bandung Center.

Yang saya rasakan hari itu adalah tegang karena takut semua soal panduan tidak terjawab semuanya, tapi akhirnya semua terjawab walaupun ada beberapa yang belum lengkap.

Menurut saya perjalanan hari ini seru dan menyenangkan. Karena saya mendapat banyak informasi dari Museum Sri-Baduga. Saat saya melihat peninggalan Banten yang paling membuat saya terkagum adalah saat saya ke ruangan masterpiece yang berada di ruangan rahasia.  Saat saya tempat tersebut saya, melihat ada  teko peninggalan Portugis yang sudah langka dan sudah tidak diproduksi lagi. Saat saya lihat teko tersebut saya merasa senang karena teko tersebut sangat klincong dan di jaga dengan baik.

Tiga hal baru yang saya ketahui adalah bisa melihat ruangan masterpiece yang ada lukisan Prabu Siliwangi, Bandung Lautan Api dan beberapa barang langka. Menurut saya yang paling tak berkesan saat nyaba kali ini adalah minimnya informasi tentang Kerajaan Banten karena hanyaada 3-5 peninggalan saja dan saya sangat kesal karena peninggalannya sedikit.

Terima kasih sudah membaca blog saya kali ini semoga Anda bisa mendapat pengalaman yang baru jika Anda ke museum sribaduga, dan mohon maaf jika ada kesalahan kata dalam blog ini.